KORANMANDALA.COM- Umat pasti sudah tahu dengan ‘Tayamum', yakni cara bersuci pengganti saat tidak ada air untuk berwudhu.

Hal ini karena cara bersuci Tayamum menggunakan debu atau tanah untuk hadas besar atau kecil.

Namun, tata cara tayamum tidak sama dengan berwudhu, yakni secara fisik hanya mengusap wajah dan kedua tangan saja dengan debu.

Tayamum sendiri ada karena untuk memudahkan umat muslim yang kesulitan mendapatkan air sama sekali untuk berwudhu.

Bukan hanya itu saja, orang diperbolehkan untuk melakukan tayamum yakni orang sakit dan orang berpergian ke tempat yang tidak ada air.

Tayamum diberikan Allah SWT untuk memudahkan umat muslim, seperti pada firmannya di Al Quran surat Al Maidah ayat 6, yang berbunyi:

وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Dan jika kalian kalian dalam keadaan sakit atau dalam perjalanan atau seseorang di antara kalian baru saja membuang hajat atau menggauli wanita, kemudian kalian tidak mendapatkan air maka kalian lakukanlah tayamum dengan tanah yang baik. Usaplah wajah kalian dan tangan kalian dari tanah tersebut. Tidaklah Allah menghendaki untuk menjadikan beban bagi kalian, melainkan Allah berkeinginan untuk membersihkan kalian dan menyempurnakan nikmat-Nya bagi kalian, agar kalian bersyukur”.

Lalu, bagaimana tata cara tayamum yang baik dan benar? Berikut rangkaian tata caranya yang benar:

1. Siapkan atau cari tanah yang memiliki debu bersih

2. Lakukan tayamum dengan menghadap kiblat dan mengucapkan doa sebagai berikut,

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Nawaytu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta'ala.

Artinya: “Aku berniat tayamum agar diperbolehkan salat karena Allah.”

3. Letakkan kedua tangan ke tanah yang berdebu dengan merapat jari-jari

1 2
Sumber:


Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version