OTOTEKNOPLUS – Kumpulan kata-kata Hari Lahir Pancasila 2024 untuk dibagikan di sosial sebagai tanda memperingati hari istimewa tersebut.

Setiap tanggal 1 Juni semua masyarakat Indonesia ikut merayakan Hari Lahir Pancasila yang menjadi ideologi Indonesia.

Hal tersebut merujuk pada momen dimana Ir Soekarno pertama kali menyampaikan gagasan tentang asas dasar negara di sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) I pada 1 Juni 1945.

Nah, untuk ikut merayakan hari istimewa ini berikut terdapat beberapa kata-kata Hari Lahir Pancasila 2024.

Kumpulan Kata-kata Hari Lahir Pancasila 2024

1. Peringatan hari lahir Pancasila menjadi pengingat bagi kita semua bahwa butir-butir Pancasila merupakan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu mari wujudkan Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

2. Pancasila tidak perlu kau ucapkan dengan kata-kata. Cukup resapi setiap nilainya dalam hati. Lalu tunjukan dalam perbuatan sehari-hari. Itulah yang dinamakan Pancasila sejati.

3. Pancasila disepakati oleh rakyat Indonesia sebagai ideologi yang menjadi pemersatu bangsa. Didalamnya terkandung nilai-nilai keberagaman dan persatuan antar komponen anak bangsa sebagai fondasi berbangsa dan bernegara.

4. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

5. Hari Lahir Pancasila ditetapkan setiap tanggal 1 Juni. Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Jika kata “Pancasila” dipahami terdapat kata “Panca” yang berarti lima dalam bahasa sansekerta dan “Sila” yang berarti Dasar. Jika digabungkan maka Pancasila berarti 5 Dasar.

6. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

7. Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivisme, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

8. Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah disebut JAS MERAH (Jangan melupakan sejarah). Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional.

9. Kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah satu-satunya Ideologi Negara yang paling tepat untuk Negara Indonesia yang heterogen dan Pancasila harus dijadikan salah satu Pilar atau Soko Guru Bangsa dan Negara.

10. Bangsa Indonesia patut berbangga dan bersyukur karena mempunyai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang tidak dimiliki oleh negara lain.

11. Bangsa Indonesia patut mengimplementasikan sila-sila Pancasila dalam setiap kehidupan berbangsa dan bernegara dengan memiliki sikap unggul, cerdas, maju, open minded, gotong royong dan berkarakter Pancasila.

12. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus.

13. Peringatan hari Kelahiran Pancasila sebagai upaya untuk mengenang dan merefleksikan momentum sejarah, dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara.

1 2
Sumber:


Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version