OTOTEKNOPLUS – Dalam melaksanakan puasa, seseorang yang memiliki penyakit asam lambung atau tentunya akan merasa khawatir.

Pasalnya, Anda diharuskan tidak makan dan minum selama 14 jam sehingga berkemungkinan dapat menyebabkan GERD kambuh.

Meski begitu, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa puasa sangat bagus untuk tubuh, termasuk dapat mengatasi masalah pencernaan.

Lantas bagaimana cara agar penderita asam GERD dapat tetap melaksanakan ibadah puasa dengan nyaman dan aman? Berikut ulasannya.

1. Jangan Makan Terburu-buru

Untuk penderita GERD, makan terburu-buru harus dihindari lantaran dapat memasukkan terlalu banyak udara ke dalam saluran pencernaan sehingga dapat memacu rasa mulas dan kembung.

2. Pilih Menu Makanan yang Tepat

Bagi para penderita GERD dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna oleh lambung, seperti makanan bertekstur lembut dan diolah dengan cara direbus.

Lebih lanjut, hindari makanan yang dapat memicu kenaikan asam lambung, seperti makanan asam, makanan berlemak tinggi, makanan pedas, atau minuman bersoda.

3. Jangan Tidur Setelah Makan

Setelah menyantap sahur, kebanyakan orang kerap merasakan ngantuk dan ingin kembali melanjutkan tidur.

Namun hal tersebut harus dihindari agar menghindari tekanan dalam lambung meningkat yang dapat mengakibatkan makanan dan cairan lambung bisa naik ke kerongkongan.

1 2
Sumber:


Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version