OTOTEKNOPLUS – Meskipun sama-sama kendaraan roda dua, motor listrik dan motor konvensional memiliki perbedaan yang signifikan dalam cara perawatannya.

Karena memiliki struktur mesin yang berbeda, tentu perawatannya motor listrik dan motor konvensional akan sangat berbeda.

Berikut telah dirangkum perbedaan perawatan motor listrik dan motor konvensional yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih, Ini Tips dan Trik Membeli Motor Listrik Subsidi Supaya Gak Nyesal, Penting!

Biaya Bahan Bakar

Motor listrik: Seperti namanya, sumber energi utama motor elektrik merupakan listrik. Mengisi ulang biasanya lebih murah daripada menggunakan bahan bakar fosil. Biaya pengisian baterai juga dapat berbeda tergantung pada jenis molis dan metode pengisiannya. Tapi, umumnya masih lebih murah daripada menggunakan bahan bakar fosil.

Motor Konvensional: Biaya bahan bakar fosil, seperti bensin dan diesel, bervariasi sesuai dengan harga pasar dan kebijakan pemerintah terkait bahan bakar, dan cenderung lebih mahal.

Perawatan Mesin

Motor listrik: Dibandingkan dengan motor konvensional, motor elektrik memiliki struktur yang lebih sederhana. Komponen utama yang biasanya memerlukan perawatan terdiri dari baterai, inverter, motor elektrik, dan sistem pengisiannya.

Motor Konvensional: kendaraan roda dua bensin memiliki mesin internal yang lebih rumit dan memerlukan lebih banyak perawatan. Perawatan utama mencakup penggantian oli mesin secara teratur, penggantian udara dan bahan bakar, serta perawatan pada sistem pendingin, sistem transmisi, dan komponen mekanis lainnya.

Baca Juga: UPDATE TERBARU! Cek Harga 21 Motor Listrik Juni 2024, Mulai dari Selis hingga Volta

Pelumasan dan Pemeliharaan

Motor listrik: Berbeda dengan motor kovensional yang menggunakan oli mesin, motor elektri biasanya tidak membutuhkan pelumasan. Namun, beberapa motor elektrik mungkin memiliki sistem transmisi atau gearbox yang harus dilumasi, dan perawatan ini biasanya lebih mudah dilakukan daripada penggantian oli mesin pada motor konvensional.

Motor konvensional: Untuk menjaga komponen vital seperti piston, camshaft, dan crankshaft tetap berfungsi dengan baik, motor konvensional membutuhkan pelumasan. Perawatan yang terkait dengan sistem pelumasan ini termasuk penggantian oli mesin secara teratur, penggantian filter oli, dan pemantauan tingkat oli.

Jangan lupa untuk mengikuti saluran OtoTeknoPlus untuk mendapakan berita terbaru via WhatsApp Channel: https://whatsapp.com/channel/0029VaZsdcH7NoZtHeU0402w. Kami tunggu partisipasi Anda!(*)

Sumber:


Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version