OTOTEKNOPLUS – Simak waktu yang tepat untuk melakukan service motor agar tetap terawat.

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang banyak dimiliki oleh saat ini. Bahkan setiap tahunnya pengguna sepeda motor semakin meningkat.

Peminat sepeda motor meningkat karena fleksibel untuk menjangkau gang-gang yang cukup sempit sehingga terhindar dari kemacetan lalu lintas, selain itu sepeda motor digunakan untuk membantu berbagai aktivitas.

Kinerja motor yang digunakan terus menerus setiap harinya pastinya memerlukan perhatian khusus berupa service rutin.

Service secara berkala akan memberikan hasil yang maksimal namun kebanyakan orang lupa akan hal ini karena merasa motornya baik-baik saja dan tidak perlu perawatan.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk service motor? Berikut penjelasannya.

1. Berpatokan Pada Speedometer

Anda bisa menjadikan speedometer ini patokan untuk melakukan service motor. Karena jarak pada speedometer ini menunjukkan jarak yang telah ditempuh oleh sepeda motor.

Jarak ini juga dapat menunjukkan sejauh apa motor kamu .

Service dapat dilakukan terhadap motor Anda tiap interval 2000-3000 Km di spedometer kendaraan Anda.

Selain itu Anda jangan lupa mengganti oli pada sepeda motor agar peforma mesinnya semakin kuat dan optimal setelah di service.

2. Rutin Membawa Motormu Service di Bengkel

Selain speedometer, Anda juga bisa service sepeda motor dengan patokan pada bulan terakhir Anda service, biasanya service dilakukan setiap 2-3 bulan sekali dalam setahun.

Bila perlu Anda dapat membuat catatan kecil untuk mencatat tanggal dan bulan terakhir service atau bisa menandainya pada kalender.

3. Segera service Motor Ketika Terdapat Masalah

Anda disarankan untuk rutin memeriksa busi, karburator, filter, atau komponen lainnya. Pasalnya, ketika terlambat menangani hal tersebut dapat berakibat fatal pada komponen lainnya.

Hal tersebut disebabkan antar komponen dalam sepeda motor terhubung satu sama lain.

Jika Anda tidak segera menservice motor kemungkinan sepeda motor akan mengalami turun mesin.

Itu tadi beberapa cara mengetahui kapan kita harus service sepeda motor agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, jadi jangan ragu lagi untuk segera service motor anda di bengkel terbaik menurut Anda. (*)

Sumber:
Editor: Sandi Putra Perdana

Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version