Ada sejumlah penyebab komputer berjalan tidak optimal, misalnya sistem operasi lawas, kapasitas RAM, atau debut menempel pada komponen.

KORANMANDALA.COM – Siapa, sih, yang tidak kesal saat komputer nge-lag?

Komputer nge-lag punya berbagai penyebab, entah kesalahan pada sistem, ruang penyimpanan penuh, atau pun spesifikasi perangkat ketinggalan zaman yang tidak dapat mendukung aplikasi-aplikasi masa kini.

Demi mengatasi masalah nge-lag pada komputer, kami akan memberikan cara-caranya berikut ini:

1. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan komputer punya keterbatasan. Semakin penuh ruang penyimpanan, maka semakin berpotensi untuk menghambat kinerja komputer.

Baca juga: Segera Rilis! Spesifikasi HP Infinix Note 30i, Pakai Chipset MediaTek Helio G85, Main Game Anti Ngelag

Untuk itu, hapuslah data-data yang sekiranya tidak Anda gunakan dalam jangka waktu panjang, sehingga komputer bisa leluasa.

2. Perbaharui Sistem Operasi

Sistem operasi lawas jadi pemicu komputer berjalan tidak optimal.

Terdapat konfigurasi-konfigurasi pada perangkat yang tidak dapat didukung oleh sistem operasi lawas, sehingga menyebabkan komputer lambat.

Baca juga: Spesifikasi Vivo Y35, Rekomendasi HP Rp3 Juta-an yang Komplit

3. Tambah Kapasitas RAM

Jika kamu tipe pengguna multitasking, tentu membutuhkan RAM lebih banyak agar dapat mengakomodir banyak pekerjaan. RAM berfungsi menyimpan data sementara agar komputer dapat mengakses aplikasi atau pun program lain dengan kecepatan yang tinggi.

Namun andai jumlah RAM kurang, tetapi kamu mengoperasikan banyak aplikasi, kinerja komputer tidak akan optimal. Oleh karena itu, penambahan jumlah RAM dapat mengoptimalkan kinerja komputer.

Baca juga: Tetap Jadi Incaran Para Gamer, Berikut Spesifikasi Infinix Hot 12 Play NFC yang Dilengkapi Baterai 6000 mAh, Pengisian Hanya Butuh 21 Menit

4. Singkirkan Program Tidak Diperlukan

Perlu diketahui bahwa aplikasi atau pun program yang berjalan di latar belakang secara terus-menerus dapat memperlambat kinerja komputer.

Maka sebaiknya hapus dan singkirkan aplikasi atau program komputer yang tak terpakai, agar komputer berjalan lebih cepat.

5. Bersihkan Komputer

Bersihkan komponen-komponen, seperti RAM, motherboard, power supply dan komponen lain pada komputer.

Baca juga: 12 Rekomendasi Smartwatch Terbaik 2023, Elit Harga Murah Meriah

Debu atau kotoran yang menumpuk pada komponen-komponen komputer dapat memicu panas berlebih, sehingga menyebabkan kinerja komputer melambat.(*)

Sumber:
Editor: TIM OTOTEKNOPLUS

Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version