Taniah ini adalah tanda kegembiraan menyambut lantara pada bulan ini rahmat Allah akan dibuka lebar untuk hamba-Nya.

Dalam hadits yang diriwayatkan Al-Nasa'i, Rasulullah SAW bertahniah dalam menyambulan bulan Ramadhan, seperti berikut:

أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ، فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan padamu berpuasa di bulan itu. Dalam bulan itu dibukalah pintu-pintu langit, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang tidak memperoleh kebajikan di malam itu, maka ia tidak memperoleh kebajikan apapun.”

2. Memperbanyak Ceramah

Memperbanyak tausiyah atau ceramah merupakan satu diantara hal yang dapat dilakukan oleh dalam menyambut bulan Ramadhan.

3. Perbanyak Puasa Sunna di Bulan Syaban

Puasa Sunnah di bulan Syaban dapat dilakukan oleh umat Islam untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Dalam riwayat masyhur diceritakan Sayyidah Aisyah Radliyallahu ‘Anha, Rasulullah SAW pernah melakukan hal tersebut:

مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَ رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِي شَعْبَانَ. أَخْرَجَهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

“Tidaklah aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa sebulan penuh kecuali Ramadhan dan aku tidak melihat beliau berpuasa sebanyak pada bulan Sya'ban” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim). (*)

1 2
Sumber:


Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version