KORANMANDALA.COM- Simak berikut ini teks khutbah Jumat lengkap yang berisi tentang tiga amalan persiapan .

Sebagai tentu sangat bahagia ketika bulan Ramadhan yang sangat suci ini segera tiba.

Hal ini karena pada bulan tersebut semua pintu neraka ditutup rapat dan segala permohonan ampunan dosa dikabulkan.

Sehingga, banyak sekali amalan yang bersifat wajib maupun sunnah yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan.

Namun, bukan hanya di bulan Ramadhannya saja, tapi menjelang bulan suci ini juga terdapat beberapa amalan, seperti tiga amalan yang terdapat pada khutbah Jumat di bawah ini.

Khutbah I:

اْلحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيْدًا

أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّاللَّهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ

فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: يَآأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا اتَّقُوْا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

Kaum Muslimin sidang Jumat rahimakumullah

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji kita kepada Allah yang telah memberikan kenikmatan. Cara untuk mensyukuri nikmat ini ialah dengan mempertebal keimanan kita kepada Allah. Karena itu, khatib pada kesempatan ini mengajak jamaah sekalian untuk meningkatkan takwa dengan mengerjakan segala amal shalih dan meninggalkan segala amal batil.

Shalawat dan salam marilah kita limpahkan kepada Nabi kita yakni Muhammad Saw. Semoga kita termasuk dalam pengikut jejak langkahnya, sehingga dapat merasakan kenikmatan abadi di akhirat kelak.

sebagai bagian dari persiapan diri kita dalam menyambut bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Semoga Allah Swt. menerima ibadah kita dan memberikan keberkahan serta ampunan-Nya. Amin.

Jamaah salat jumat yang dimuliakan Allah!

Selain memperbanyak puasa sunah dan melaksanakan salat tahajud, marilah kita juga menjadikan membaca Al-Quran sebagai bagian penting dari persiapan diri menyambut bulan Ramadan yang agung ini. Membiasakan diri membaca Al-Quran sejak jauh-jauh hari adalah langkah bijak agar ketika Ramadan tiba, kita telah terlatih dan terbiasa mendekatkan diri kepada Allah Swt melalui kalam-Nya.

Tidak hanya itu, kita dianjurkan untuk menamatkan Al-Quran sebanyak-banyaknya selama bulan Ramadan. Dalam hadis disebutkan bahwa setiap huruf yang dibaca akan mendapatkan balasan satu kebaikan, dan setiap kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh.

عن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah Saw bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah [Al-Qur'an], maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” [HR. At-Tirmidzi].

1 2
Sumber: Muhamadiyah.or.id


Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version