KORANMANDALA.COM – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dikabarkan akan segera membangun saran pengujian kendaran bermotor dengan standar atau proving ground.

Pembangunan tempat uji tabrak kendaraan ini agar dapat meningkatkan aspek keamanan dan keselamatan berkendara.

“Keselamatan merupakan muara utama dalam penyelenggaran transportasi, yang dalam penerapannya dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kendaraan. Aspek kelayakan kendaraan harus terus ditingkatkan guna menekan risiko kecelakaan,” ujar Direktur Sarana Transportasi Jalan, Dantor Restyawan.

Danto mengungkapkan bahwa perkembangan teknologi kendaraan global semakin pesat sejalan dengan upaya untuk mengurangi emisi karbos serta peningkatan -fitur keselamatan.

Danto menerangkan pada 2022, angka kecelakaan di Indonesia cukup tinggi sebanyak 65 ribu kasus, dengan korban luka ringan 78 ribu jiwa, luka berat 14 ribu jiwa, dan 14 ribu jiwa yang meninggal dunia.

Pemerintah melalui Kemenhub akan membuat industri otomotif di Indonesia semakin kompetitif dan mampu bersaing di pasar global dengan membangun proving ground atau Vehicle Testing Certification Center (VTCC) untuk pengujian kendaraan.

Sementara itu, Kemenhub juga mendorong pameran GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 untuk menjadi wadah berinovasi melalui produk-produk kendaraan komersial yang memenuhi unsur keselamatan dan ramah lingkungan. (*)

Sumber:
Editor: Sandi Putra Perdana

Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version