OTOTEKNOPLUS – Menjelang Hari Raya Idul Adha, ada beberapa amalan puasa yang dapat diamalkan oleh umat Muslin, satu diantaranya yaitu puasa tarwiyah pada 8 Dzulhijjah.

Tarwiyah adalah istilah dari bahasa Arab yang memiliki arti bekal air.

Pasalnya, pada hari itu para membawa banyak bekal air Zamzam untuk persiapan Arafah dan menuju mina.

Jadwal dan Hukum Puasa Tarwiyah

Sepuluh hari di awal bulan Dzulhijjah merupakan hari yang istimewa. Hal tersebut sesuai dengan hadits dari Ibnu Abbas RA, bersabda:

“Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT daripada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya, ‘Ya Rasulullah, walaupun jihad di jalan Allah? Rasulullah Saw. bersabda, ‘Walau jihad di jalan Allah kecuali selama-lamanya (menjadi syahid),” (HR. Bukhari).

Di bulan Dzulhijjah ini, ada puasa yang paling dianjurkan yaitu Arafah. Seperti Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968, dari Ibnu ‘Abbas. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Syaikh Syu'aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim).

Adapun jadwal puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah seperti berikut.

– Sabtu, 8 Juni 2024: 1 Zulhijjah 1445 H

– Minggu, 9 Juni 2024: 2 Zulhijjah 1445 H

– Senin, 10 Juni 2024: 3 Zulhijjah 1445 H

1 2
Sumber:


Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version