OTOTEKNOPLUS – Korlantas Polri melakukan evaluasi terkait sistem contraflow yang diberlakukan pada masa arus balik Lebaran 2024 yang lalu.

Evaluasi ini dilakukan karena adanya kecelakaan maut mobil Grandmax di km 58 Tol -Cikampek (Japek), pada masa arus mudik, Senin, 4 Mei 2024.

Pada Rapat Kerja (Raker) bersama Kementerian Perhubungan, BMKG, PUPR, dan lain-lain. Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan telah melakukan sederet evaluasi untuk menggunakan contraflow pada arus balik saat itu.

“Dari kejadian tersebut kami melakukan beberapa evaluasi untuk penerapan contraflow pada arus balik saat itu,” katanya, di Jakarta, hari Rabu, 5 Juni 2024.

Lebih lanjut, Polri juga melakukan diskusi bersama beberapa pakar transportasi terkait penerapan contraflow dan terdapat beberapa masukan agar penerapan sistem ini menjadi lebih maksimal.

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak, Strategi Shin Tae-yong Jatuhkan Mimpi Vietnam

Pertama, disediakan safety car untuk mengendalikan kecepatan kendaraan. Hal ini perlu dilakukan karena pada jalur contraflow, kendaraan hanya boleh melaju dengan kecepatan maksimal di angka 60 km per jam.

1 2
Sumber:
Editor: Muhammad Yoga Rifki Fahrezi

Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version