OTOTEKNOPLUS – Pemain belakang baru Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melalui proses naturalisasi pada hari Selasa, 4 .

Saat ini, ia dipastikan akan tampil membela skuad Garuda melawan Filipina pada laga putaran kedua Zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026, 11 Juni 2024 mendatang.

Isu ini diperoleh saat FIFA sudah menyetujui proses peralihan asosiasi dari Federeasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI. Lalu, PSSI segera mengirim surat permohonan persetujuan dari FIFA ke Federasi Sepakbola Asia (AFC).

Dengan persetujuan dari FIFA dan sepengetahuan AFC, maka legalitas Calvin sebagai pemain Timnas Indonesia sudah sah secara hukum.

Di sisi laih, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, mengatakan banyak pihak di dalam negeri yang sudah membantu prosedur Calvin agar bisa segera bermain mengenakan seragam merah putih, terlebih pada pertandingan menuju Piala Dunia 2026.

Oleh karena itu, Erick mengutarakan rasa apresiasinya kepada FIFA yang telah memberikan persetujuan.

Baca Juga: Calvin Verdonk Resmi WNI, Erick Thohir: Alhamdulillah, Ini Berkat Kerja Keras Semua Pihak

“Saya apresiasi proses persetujuan yang dilakukan FIFA, yang secara langsung ikut mendukung agar sepakbola kita maju,” katanya, dilansir dari laman PSSI, Rabu, .

Kendati begitu, keputusan siapa pemain yang akan bermain nanti tentunya ada di tangan pelatih, tapi Erick memastikan bahwa Calvin sudah siap bertanding.

“Meski keputusan pemain yang akan bermain ada di tangan pelatih, tapi saya pastikan Verdonk sudah siap bertanding saat melawan Filipina,” lanjutnya.

Hadirnya Verdonk sebagai tembok di lini belakang tidak hanya memperkuat pertahanan Timnas secara keseluruhan.

Tetapi, akan memunculkan rasa persaingan sehat di antara para pemain belakang di skuad Garuda, mulai dari Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, Jordi Amat, Rizky Ridho, dan lain-lain.

“Target saya, kita harus punya 2 x 11 pemain untuk Timnas dengan kekuatan yang merata dan seimbang. Sehingga, meski ada yang absen atau enggan memperkuat timnas, maka kita punya pengganti dengan kualitas yang sama,” jelas Erick.

Ikuti saluran Ototeknoplus untuk mendapatkan berita pilihan terbaru melalui Whatsapp Channel: https://whatsapp.com/channel/0029VaZsdcH7NoZtHeU040. Segera bergabung dengan kami.(*)

Sumber:
Editor: Muhammad Yoga Rifki Fahrezi

Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version