OTOTEKNOPLUS – Bagi lulusan SMA dan SMK, pada tahun ini seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 akan membuka formasi yang lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Pemerintah akan CPNS dan PPPK 2024 dengan jumlah 2,3 juta formasi.

Kendati pemerintah belum mengumumkan secara resmi mengenai kualifikasi pelamar yang dapat mendaftar, dilihat dari seleksi CPNS 2023 terlihat ada beberapa instansi yang membuka formasi untuk lulusan SMA atau SMK.

Lantas apa saja instansi yang diperkirakan membuka formasi untuk lulusan SMA dan SMK di seleksi CPNS dan PPPK 2024? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Pada seleksi PPPK 2024, Kemenhub membuka formasi untuk lulusan SMK dengan jabatan Pengawas Keselamatan Pelayaran di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

2. Badan Intelijen (BIN)

BIN adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang memiliki tugas dalam bidang intelijen.

Pada seleksi tahun lalu, BIN membuka formasi untuk lulusan SMA atau SMK dan kemungkinan besar akan membuka kembali formasi tersebut pada tahun ini.

3. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

Di seleksi CPNS 2024, Kemenkumham menggelar formasi untuk lulusan SMA/SMK sebagai penjaga tahanan.

4. Kejaksaan Agung

Pada seleksi CPNS 2024, Kejaksaan Agung membuka formasi untuk lulusan SMA dan SMK dengan jabatan Operator Penjaga Tahanan dan Klerek-Pengelola Penanganan Perkara.

5. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

Pada seleksi PPPK 2024, BKKBN membuka formasi untuk lulusan SMA atau SMK, terutama untuk posisi Petugas Lapangan Keluarga Berencana Pemula.

6. Kementerian Pertanian (Kementan)

Kementerian Pertanian membuka formasi untuk lulusan SMA atau SMK untuk posisi Paramedik Veteriner di seleksi tahun lalu. (*)

Sumber:


Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version