OTOTEKNOPLUS – Sebagai bersyukur atas anugerah yang Allah SWT berikan, seperti kendaraan yang baru dibeli baik sepeda, motor, mobil atau lainnya.

Selain mensyukuri membaca doa saat pertama kali memegang kendaraan juga sangat dianjurkan.

Pasalnya, anjuran membaca doa ini sudah disebutkan oleh Imam An-Nawawi melalui riwayat dalam kitab ‘Al-Azkar', yang berbunyi sebagai berikut:

يستحب في الأول أن يأخذ بناصيته ويقول: اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ. وقد سبق في كتاب أذكار النكاح الحديث الوارد في نحو ذلك في سنن أبي داود وغيره

Artinya, “Seseorang dianjurkan untuk pertama kali memegang jambul (bagian depan kepala unta) dan berdoa, ‘Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya.' Hadits serupa ini sudah disebut telah lalu pada bab nikah di Sunan Abu Dawud dan selainnya,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 275).

Langsung saja, berikut bacaan doa punya kendaraan baru yang bisa diamalkan semua umat muslim.

Bacaan doa ini dipanjatkan sambil memegang bagian depan kendaraan, berikut bacaannya:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ

Allâhumma innî as'aluka khairahû wa khaira mâ jubila alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihî wa syarri mâ jubila alaih.

Artinya, “Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya.”

Amalan doa punya kendaraan tersebut untuk mendapatkan kemaslahatan dan dikendalikan serta membawa kebahagian.(*)

Sumber:
Editor: Fahrul Rozi

Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version