OTOTEKNOPLUS – Menjelang berakhirnya menjadi satu di antara momen bagi umat muslim untuk melakukan mudik atau melakukan perjalanan jauh menuju kampung halamannya.

Hal tersebut sering dilakukan bagi mereka yang bekerja di perantauan dan menjadi satu di antara momen paling dinantikan bagi sebagian umat muslim.

Untuk menyokong mereka yang baru pulang kampung orang yang berada di kampung dianjurkan untuk menyambutnya dengan gembira dan wajah ceria.

Orang yang ada di kampung halaman juga disarankan mendoakan untuk keluarga mereka yang baru saja kembali ke kampung halaman.

Lalu, bagaimana bacaan untuk menyambut anggota keluarga yang baru pulang mudik? Yuk, simak bacaannya sebagai berikut ini.

الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي سَلَّمَكَ

Alhamdulilâhil ladzî sallamaka

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan keselamatan kepadamu.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 195).

Imam An-Nawawi menyebutkan lafal doa lain yang bisa dibaca ketika menyambut anggota keluarga yang mudik.

الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي جَمَعَ الشَمْلَ بِكَ

Alhamdulilâhil ladzî jama‘as syamla bika

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesempatan pertemuan kepadamu,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 195).

Perlu diketahui juga untuk mendoakan keluarga yang baru pulang mudik tidak ada bacaan doa yang bakunya untuk menjadi patokan.

Jika terdapat doa yang maknanya serupa dengan kedua doa di atas, bisa dibacakan saat menyambut keluarga yang baru datang ke kampung halaman.(*)

Sumber:


Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version