OTOTEKNOPLUS – Penyakit ain adalah penyakit yang timbul akibat pandangan mata yang berkaitan dengan perasaan atau hati yaitu iri dan dengki.

Penyakit ain ini timbul bukan hanya dari pandangan orang lain terhadap kita, tapi bisa saja dari diri sendiri yang membuat .

“Ain adalah pandangan kagum atau takjub disertai dengan rasa iri dengki dari seseorang yang memiliki tabiat buruk yang mengakibatkan adanya bahaya pada orang yang dilihatnya” (Syekh Ibnu Hajar al-‘Asqalany, Fath al-Bari, juz 10, h. 200).

Penyebab Penyakit Ain

Penyakit ain dapat disebabkan oleh perasaan dengki, perasaan kagum atau takjub yang berlebihan, perasaan sakit hati, perasaan yang terzalimi, dan pujian berlebihan.

Bahaya Penyakit Ain

Penyakit Ain dapat membahayakan diri sendiri, berikut penjelasannya:

1. Menyebabkan Kehilangan

Memperlihatkan suatu hal yang jatuhnya menjadi pamer seperti memamerkan benda kekayaan, kenikmatan, kenyamanan yang kita punya sehingga orang yang mendengar dan melihatnya membatin atau sakit hati, dapat menyebabkan sesuatu itu hilang.

2. Menyebabkan Perasaan Iri

Memiliki pandangan ain akan merasakan iri ketika melihat hal-hal yang menganggumkan dalam pandangan matanya.

3. Menyebabkan Hal yang Negatif

Penyakit ain yang disebabkan oleh perasaan iri dapat menyebabkan hal negatif, misalkan yang terkena ain adalah wajah maka wajah tersebut bisa timbul jerawat bahkan .

1 2
Sumber:
Editor: Sandi Putra Perdana

Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version