OTOTEKNOPLUS – Nuzulul Quran atau malam Nuzulul Quran yakni peristiwa penting bagi umat muslim di seluruh dunia dan selalu diperingati setiap tahunnya.

Dikatakan juga peristiwa tersebut adalah momen Allah SWT menurunkan ayat-ayat Al Quran secara utuh dari Lauhul Mahfud di langit ketujuh ke Baitul Izzah atau langit dunia.

Wahyu tersebut juga diberikan kepada Muhammad SAW tidak secara langsung oleh Allah SWT, melainkan melewati perantara malaikat Jibril, dan diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan.

Pada Ramadhan 2024 tanggal 17 Ramadhan kali ini jatuh pada hari , 28 Maret 2024.

Untuk memperingatinya terutama di Indonesia umat muslim memiliki tradisinya sendiri, seperti pengajian, mengkhatamkan Al Quran, dan lainnya.

Terdapat beberapa amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan saat memperingati malam Nuzulul Quran, berikut diantaranya:

1. Istiqomah dan khatam Al quran minimal satu kali

2. Memperbanyak membaca doa Nuzulul Quran

3. I'tiaf, berdiam diri sambil memperbanyak dzikir dan sholat malam

4. Memperbanyak sholat malam, seperti sholat tahajud, dan lainnya

Bagi Anda yang belum tahu dengan doa malam Nuzulul Quran, berikut di antaranya:

اللهم نور قلوبنا بنور هدايتك كما نورت الارض بنور شمسك ابدا ابدا برحمتك يا ارحم الراحمين

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur'an, wa hassin a'maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa'til quraan.

Artinya: “Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berzikir lewat Alquran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa'at Alquran.”

1 2
Sumber:
Editor: Fahrul Rozi

Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version