OTOTEKNOPLUS – Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan.

Salah satu amalan yang dianjurkan dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan ini yakni dengan memperbanyak doa, agar doa kita terkabul.

Ada beberapa waktu yang mustajab untuk berdoa sebagai berikut:

1. Sepertiga malam terakhir

Sepertiga malam terakhir yaitu sekita pukul 00.00 hingga 03.00 WIB menjadi waktu yang tepat untuk berdoa, Rasulullah SAW bersabda:

“Allah Swt turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir dan berfirman, “Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku akan kabulkan doanya. Siapa yang meminta kepada-Ku, Aku akan berikan permintaannya. Siapa yang ampunan kepada-Ku, Aku akan mengampuninya.” Demikian itu terjadi hingga waktu Shubuh datang.” (HR ).

2. Saat berbuka puasa

Ketika adzan maghrib berkumandang lalu membaca doa berbuka puasa disitulah kita bisa menyelipkan doa-doa kita, karena doa orang berpuasa tidak akan ditolak sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak yaitu doa orang yang berpuasa ketika berbuka, doa pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi. Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi Keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

3. Saat menunggu Sholat fardhu

Rasulullah bersabda:

وَالإِقَامَةِالأَذَانِبَيْنَيُرَدُّ لَا الدُّعَاءُ

Artinya: “Doa di antara azan dan iqamah tidak tertolak.” (HR Bukhari dan Muslim).

1 2
Sumber:


Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version