“Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.” (HR Ahmad).

2. Sebagai Penebus Dosa

puasa Ramadhan berikutnya yakni sebagai penebus dosa hingga datangnya bulan Ramadhan berikutnya.

Hal tersebut dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang artinya:

“Jarak antara salat lima waktu, salat Jumat dengan Jumat berikutnya dan puasa Ramadan dengan Ramadan berikutnya merupakan penebus dosa-dosa yang ada di antaranya, apabila tidak melakukan dosa besar (HR Muslim)”.

3. Doa Orang Berpuasa Mustajab

Mengapa doa orang yang berpuasa mustajab? Karena orang yang berpuasa di bulan Ramadhan niscaya akan dikabulkan doanya oleh Allah SWT.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW menjelaskan tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir, dan doa orang yang teraniaya.

4. Memberi Syafaat di Hari Kiamat

Puasa dan ayat Al-Qur'an yang dibaca pada malam Ramadhan akan memberi syafaat di hari kiamat kepada orang yang mengerjakannya.

Rasulullah SAW bersabda, “Puasa dan Al-Qur'an akan memberikan syafaat seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata: “Ya Rabbi, aku mencegahnya dari makan dan minum di siang hari” Al-Qur' an juga berkata: “Aku mencegahnya dari tidur di malam hari, maka kami mohon syafaat buat dia.” Beliau bersabda: “Maka keduanya dibolehkan memberi syafaat (HR Ahmad)”.

1 2 3
Sumber:


Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version