OTOTEKNOPLUS –  berfungsi sebagai alat pengapian yang akan menghasilkan percikan api sehingga nantinya menghasilkan pembakaran dari campuran bahan bahan bakar dan udara, ledakan itu yang membuat mesin menyala.

Kebanyakan motor mogok salah satunya disebabkan oleh busi bisa karena adanya kerusakan, tidak dapat di pakai, kabel busi terganggu, atau juga busi kotor.

Untuk menghindari busi rusak hingga motor mogok, berikut solusi merawat busi dengan mudah.

1. Periksa Ujung Elektroda

Melalui warna yang terbakar pada busi bisa diketahui apakah proses pembakaran bekerja normal atau tidak. Jika ujung elektroda berwarna abu atau merah bata berarti busi dalam keadaan baik dan normal.

2. Pembersihan Pada Ujung Elektroda

Gunakan cairan semprot yang bersifat non-metal seperti brake cleaner. Hindari penggunaan amplas dan cairan yang bersifat abrasif terhadap karat karena bisa mengikis permukaan plating atau elektroda busi.

3. Periksa Keausan Elektroda

Pada bagian ini akan mudah terbakar akibat panas percikan api saat terjadi pembakaran di ruang bakar.

4. Bersihkan Kerak Busi

Membersihkan busi bisa dengan menyikatnya dengan sikat kawat, tidak disarankan disiram atau di rendam dengan bensin.

5. Ganti dengan Busi Baru

Lakukan penggantian busi secara berkala supaya kerja mesin tetap optimal. Berdasarkan buku pedoman, pemilik motor disarankan untuk melakukan pergantian setiap 12.000 KM atau 12 bulan, tergantung kondisi busi.

Untuk mempertahankan kondisi busi dan mesin sepeda motor tetap optimal, harus dibarengi dengan pemeriksaan secara berkala di bengkel terdekat. (*)

Sumber:
Editor: Sandi Putra Perdana

Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version