KORANMANDALA.COM – Di zaman yang perkembangan teknologinya cepat seperti sekarang ini, komputer telah menjadi penting bagi kebanyakan orang.

Selain itu hampir semua aktivitas bisa dilakukan melalui komputer, seperti berbelanja bekerja bermain game dan lain-lain.

Oleh karena itu untuk melakukan aktivitas ini dengan lancar kamu membutuhkan komputer yang dapat bekerja dengan cepat.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat kinerja komputer.

Baca juga: Secepat Kilat! Ternyata Begini 3 Langkah Download Foto atau dari Instagram Tanpa Aplikasi

  1. Membersihkan Disk

Pastikan untuk membersihkan disk yang anda miliki di komputer dengan cara menghapus file yang tidak penting atau tidak diperlukan.

  1. Perbarui Sistem Operasi.

Jika kamu ingin mendapatkan pengoptimalan terbaru dari sistem operasi kamu harus selalu menggunakan sistem operasi terbaru.

Karena pembaruan sistem operasi biasanya akan memperbaiki keamanan dan peningkatan kinerja yang dapat membantu komputer kamu berjalan lancar. 

  1. Upgrade RAM.

Jika komputer kamu seringkali lambat saat menjalankan aplikasi, ini berindikasi kalau RAM yang kamu gunakan masih belum mumpuni.

Oleh karena itu peningkatan RAM adalah salah satu cara yang paling optimal untuk memperlancar kinerja komputer.

  1. Uninstall Program Tidak Diperlukan.

Menghapus program yang tidak dipakai dan tidak diperlukan juga merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk memperlancar kinerja komputer.

Program yang terus-menerus berjalan di latar belakang dapat memperlambat kinerja komputer oleh karena itu hapuslah aplikasi ataupun program yang sekiranya tidak dipakai lagi.

  1. Bersihkan Komputer.

Pembersihan komputer juga merupakan cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar kinerja komputer.

Debu dan kotoran yang menumpuk pada komponen-komponen komputer akan menyebabkan overheat pada komponen dan memperlambat kinerja pada komputer.

  1. Bersihkan cache.

Seperti yang diketahui, cache merupakan data yang disimpan sementara agar kamu bisa lebih cepat saat membuka aplikasi tersebut nantinya

Namun cache yang menumpuk tetap akan sangat menghabiskan ruang penyimpanan dan menyebabkan penurunan performa pada computer. (*)

Sumber:
Editor: TIM OTOTEKNOPLUS

Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version