Facebook Lite dirancang untuk pengguna HP spek kentang. Namun ketahui juga kelebihan dan kekurangan dari Facebook Lite.

KORANMANDALA.COM – Facebook menyuguhkan aplikasi yang dirancang khusus untuk HP dengan spesifikasi rendah atau sering disebut dengan spek kentang. Namanya Facebook Lite.

Facebook Lite punya tampilan serupa dengan Facebook biasa. Hanya saja, tidak banyak efek atau animasi dalam fitur Facebook Lite yang membuat HP spek kentang dapat mengoperasikannya.

Di samping itu juga, aplikasi Facebook Lite memakan ruang penyimpanan ponsel lebih sedikit ketimbang Facebook biasanya. Facebook Lite membutuhkan kurang dari 10 MB, sedangkan ukuran penyimpanan Facebook biasa sampai 200 MB.

Baca juga: 10 Pemain Indonesia Bikin Vietnam Gigit Jari, Erick Thohir: Kita Punya Nyali

Selain beberapa perbedaan di atas, Facebook Lite yang diluncurkan pada 2015 itu punya beragam kelebihan dan kekurangan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini:

1. Kelebihan Facebook Lite

– Ukuran aplikasi lebih kecil

Seperti disebutkan sebelumnya, kapasitas Facebook Lite berkisar 2 MB ketika diunduh melalui Play Store. Bagi para pengguna HP spek kentang, tentu ini adalah keuntungan.

– Hemat Kuota

Meski kapasitas ukurannya kecil, Facebook Lite dirancang agar tidak memakan banyak kuota internet di HP kamu.

– Lebih Ngebut

Aplikasi Facebook Lite lebih ngebut dibanding aplikasi Facebook dalam mengunggah foto atau video. Selain itu, untuk melihat unggahan terbaru di beranda, kamu perlu melakukan refresh secara manual sehingga tidak otomatis menyedot kuota internet.

Baca juga: Pesaing Baru dari HP Lipat Merk Lain, Berikut Spek Oppo Find N2 Flip, Dilengkapi Chipset Gahar dan Layar Lebih Lebar!

– Anti Lambat

Facebook Lite dapat bekerja dalam koneksi 2G sekali pun. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir menggunakan Facebook Lite di saat jaringan lambat.

2. Kekurangan Facebook Lite

– Fitur Terbatas

Fitur yang ada pada versi Facebook Lite cukup terbatas dibandingkan Facebook biasa. Hal ini pihak pengembang agar memangkas ukuran Facebook Lite menjadi lebih ringan.

– Kualitas Hasil Unduhan Rendah

Kualitas gambar dan video yang kamu unduh dari Facebook Lite lebih rendah. Pasalnya Facebook Lite didesain untuk meminimalisir pemborosan kuota bagi pengguna.

Baca juga: Lagi Incar iPhone ? Jangan Tergiur Harga Murah, Lakukan Ini Biar Enggak Rugi

– Muat Beranda Manual

Jika Facebook biasa akan otomatis memuat isi beranda terbaru, lain halnya dengan Facebook Lite. Kamu harus memperbaharui beranda secara manual untuk menampilkan isi terbaru.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Facebook lite. Selamat mencoba, pengguna HP kentang!(*)

Sumber:
Editor: TIM OTOTEKNOPLUS

Cek Berita dan Info lainnya di Google News dan Whatsapp Channel Ototeknoplus
Exit mobile version